Cara Dasar Merawat Laptop/PC anda!!!

 

Melalui tulisan ini akan saya sajikan beberapa cara sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini. Ini akan berguna dalam menambah umur laptop Anda.

1.  Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus(FREE). Lebih baik gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang sudah ada. Risiko virus bisa merusak software ke dalam laptop jika Anda sembarangan menginstall software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

2.  Jangan letakkan laptop di lantai.

Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3.  Gunakan UPS & Stabilizer pada laptop Anda.

Jika Anda sedang bekerja atau menggunakan laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai) dengan waktu yang lama, maka sebaiknya gunakan UPS & Stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang naik / turun dan dapat menstabilkan kerja maksimal laptop anda dengan baik.

4. Pasang pelindung layar.

Seringkali penulis jumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. dengan itu anda dapat menggunakan pelindung layar ya mungkin di beli hanya kurang-lebih dari Rp.50.000,00 .

Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan???

5.  Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.

Misalnya laptop Anda letakkan pada kasur & sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalamnya. Ini  sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda menjadi panas. jika hal ini sering anda lakukan maka hardware laptop anda tidak mustahil meleleh & terbakar. maka akan menyebabkan kerusakan yang sangat parah. sebaiknya hindari mulai sekarang!!!

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.

Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang khusus digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop atau tertekan saat anda membawa laptop anda di dalam tas.

7. Jangan Meletakan minuman cair di sekitar laptop.

Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk kedalam keyboard akan bisa merusak komponen-komponen yang berada di dalamnya. jika sudah begitu maka servicenya bisa sama saja dengan membeli laptop baru.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.

Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. apa lagi belum pernah punya basic tentang caranya. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke service center dari laptop Anda.

9.  jauhkan dari alat/benda yang mengandung medan magnet.

Terkadang orang suka lupa bahwa layar monitor laptop sangatlah sensitif, maka sebaiknya jangan pegang layar terutama jauhkan laptop dari alat/benda yang mengandung medan magnet (HP,Speaker,dll) jika layar sudah terkena dampaknya, maka anda akan merogoh kocek setengah dari harga laptop yg anda beli hanya untuk mengganti layarnya dengan yang baru.

10. letakan pada permukaan datar.

sebaiknya saat menggunakan laptop letakan pada permukaan datar atau rata, hal ini bertujuan agar sirkulasi udara pendingin laptop berjalan dengan baik. biasanya, bagian bawah laptop merupakan tempat pembuangan udara panas. jika lubang ini tertutup, panas yang di hasilkan selama laptop bekerja tidak keluar, sehingga komponen yang ada di dalam akan menjadi panas. hal ini dapat memperpendek umur laptop anda, saran dari saya sebaiknya jika anda menggunakan laptop dalam waktu lama menggunakan Fan(kipas tambahan).

11.  Jangan memangku laptop.

tidak di sarankan menggunakan laptop dengan cara memangkunya, penggunakan seperti ini dapat membuat kita terkena radiasi elektromagnetik dari laptop. terlebih lagi goncangan yang dapat ditimbulkan dari posisi yang tidak benar.

12.  matikan laptop saat laptop di masukan ke dalam tas.

Jika akan memasukan ke dalam soft case-nya,pastikan laptop dalam keadaan mti. karena saat kita menutupnya laptop akan dalam keadaan standby(tidak mati benar). hal ini akan menyebabkan laptop panas, sebaiknya konfigurasi ulang setting laptop agar pada saat laptop di tutup akan langsung hibernate(mati sementara). untuk cara settingannya, klik start->control panel->view by small icon.  klikpower option->chang advanced power setting->power button and lid. pada lid close action, ubah menjadi hibernate.

Sekian saran dari saya, semoga berguna untuk pembaca dan menambah umur laptop anda.

Semoga bermanfaat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s